Bimbingan Konseling

Profil Program Studi
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : STKIP Singkawang
Kode Program Studi : 86201
Nama Program Studi : Bimbingan Konseling
Tanggal Berdiri : 26 April 2011
SK Penyelenggaraan : 88/E/O/2011
Akreditasi : Baik
Tanggal SK : 2011-04-26
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 6,3

Alamat : Jl. STKIP Kelurahan Naram, Singkawang Utara
Kode Pos : 79251
Telepon : 089660062388
Faximile : 05623339874
Email : [email protected]
Website : www.stkipsingkawang.ac.id

Gelar Lulusan : S.Pd
Deskripsi : STKIP Singkawang mempunyai lima Program Studi salah satu diantaranya adalah Program Studi Bimbingan dan Konseling. Prodi Bimbingan dan Konseling berdiri pertama kali pada tahun 2011. Program Studi Bimbingan dan Konseling menyelenggarakan pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan sarjana pendidikan dengan mengembangkan keterampilan mahasiswa dan memberikan berbagai teori serta praktik bimbingan dan konseling sehingga lulusan mampu menjadi tenaga pendidik, peneliti, dan konsultan pendidikan, serta wirausahawan.
Visi : Pada tahun 2030 menjadi prodi yang unggul penghasil sarjana Bimbingan dan Konseling berwawasan budaya, berjiwa nasionalisme dan berjiwa sosial enterpreneurship.
Misi :
  1. Menyelengarakan kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan berdasarkan panduan akademik STKIP Singkawang dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku serta diselenggrakan dalam suasana akademik yang selaras dengan keragaman etnis, berjiwa nasionalisme, dan berjiwa entrepreneurship.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu dalam bidang Bimbingan dan Konseling berdasarkan isu-isu yang relevan.
  3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui penerapan ilmu Bimbingan dan Konseling yang bermutu dan relevan.
  4. Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi, alumni, dan masyarakat (stake holder).
Kompetensi Program Studi : Kompetensi utama:1) kompetensi pedagogik: memiliki pemahaman terhadap peserta didik dan mampu mengelola pembelajaran bimbingan dan konseling. 2) kompetensi kepribadian: memiliki kepribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia sebagai guru bimbingan dan konseling. 3) kompetensi profesional: menguasai materi bidang studi bimbingan dan konseling dan pembelajarannya secara luas dan mendalam. 4) kompetensi sosial: mempunyai kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dengan peserta didik, kolega, dan masyarakat. secara efektif dengan peserta didik, kolega, dan masyarakat. kompetensi pendukung :1) menguasai teknologi informasi untuk keperluan pembelaaran dan penelitian bimbingan dan konseling.2) memiliki kemampuan untuk mengembangkan jiwa kewirausaaan sosial.kompetensi lainnya :1) memiliki keterampilan mengajasar bimbingan dan konseling untuk tujuan-tujuan khusus.2) siap melanjutkan ke programn pascasarana.
Capaian Pembelajaran :

Sikap

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. memiliki kesadaran untuk meningkatkan keahlian bimbingan dan konseling pada bidang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;
  12. berjiwa kebangsaan dan berperan sebagai konselor yang multikultural serta berjiwa interpreneur.

Pengetahuan

  1. menguasai konsep teoritis tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, sosial budaya dan antropologi;
  2. menguasai prinsip dan teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integratif;
  3. menguasai metodologi penelitian bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif;
  4. menguasai pengetahuan faktual tentang isu-isu problematika dalam kehidupan masyarakat;
  5. menguasai prinsip-prinsip, prosedur, dan metode dalam evaluasi dan supervisi layanan bimbingan dan konseling;
  6. menguasai prinsip dan teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru; dan
  7. mampu memahami permasalahan-permasalahan yang terkait dengan multi etnis, daerah perbatasan, dan jiwa enterpreneur.

Ketreampilan Khusus

  1. mampu melaksanakan analisis kebutuhan sasaran layanan dengan menggunakan instrument yang sudah baku dan yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip perilaku manusia serta prinsip-prinsip penyusunan instrument;
  2. mampu menyusun program bimbingan dan konseling yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan perseperatif dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan sasaran layanan;
  3. mampu melaksanakan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya, dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan;
  4. mampu melaksanakan konseling individual dan kelompok dengan menggunakan pendekatan, prosedur, dan teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmodern dan integratif berdasarkan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dihadapi sasaran layanan, yang disesuaikan dengan perkembangan dan problematik sasaran layanan dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan budaya; dan
  5. mampu merancang, dan melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, serta multimedia.

Keterampilan Umum

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu mengimplementasikan pendekatan dan teknik bimbingan dan konseling yang terkait dengan permaslahan multietnis, daerah perbatasan dan jiwa entrepreneur.
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 IIP ISTIRAHAYU M.Pd S.Pd S2
2 SLAMAT FITRIYADI M.Pd S.Pd S2
3 DIAN MAYASARI M.Pd S.Pd S2
4 ABD. BASITH M.Pd S.Pd S2
5 DODIK KARIADI M.Pd S.Pd S2
6 WASIS SUPRAPTO M.Pd S.Pd S2
7 INSAN SUWANTO M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2019 44
2 Ganjil 2019 44
3 Genap 2018 52
4 Ganjil 2018 77
5 Genap 2017 55
6 Ganjil 2017 57
7 Genap 2016 74
8 Ganjil 2016 78
9 Genap 2015 73
10 Ganjil 2015 88
11 Genap 2014 92
12 Ganjil 2014 92
13 Genap 2013 81
14 Ganjil 2013 79
15 Genap 2012 48
16 Ganjil 2012 45
17 Genap 2011 35
18 Ganjil 2011 36