Profil STKIP Singkawang

Visi & Misi

VISI: Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka untuk membentuk Sarjana Pendidikan yang unggul dibidang budaya multi etnis dan wilayah perbatasan serta berjiwa sosial entrepreneurship tahun 2030.

MISI:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang budaya multi etnis dan wilayah perbatasan serta berjiwa sosial entrpreneurship.

Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pendidikan yang berbasis budaya multi etnis dan wilayah perbatasan serta berjiwa sosial entrpreneurship untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan berbagai instansi terkait, baik di dalam maupun luar negeri dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melakukan penataan manajemen yang menciptakan suasana akademik yang berorientasi pada tata kelola Perguruan Tinggi yang sehat, dinamis, ramah dan bersahabat.

Pengantar STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang (STKIP Singkawang) merupakan salah satu perguruan tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan yang yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 88/E/O/2011 tanggal 26 April 2011. Sejak didirikan pada tahun 2011 STKIP Singkawang berkomitmen untuk membentuk Sarjana Pendidikan yang cerdas, kompetitif, beretika, dan memiliki jiwa sosial entrepreneurship tahun 2030. Sebagai perguruan tinggi yang tergolong muda STKIP Singkawang sudah banyak mengukir prestasi, diantaranya kerjasama internasional, ketua STKIP Singkawang menjadi ketua organisasi Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) DPD Kalimantan Barat, serta memberikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis ke 17 National University of Kaohsiung Taiwan, mahasiswa STKIP Singkawang mengikuti kegiatan magang di National University of Kaohsiung Taiwan, serta berperan aktifnya Dosen dalam seminar-seminar internasional.

STKIP Singkawang dengan visi yang visioner berupaya menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja dengan tidak hanya membekali mahasiswa dengan komptensi menajadi pendidik semata melainkan juga kompetensi berwirausaha yang mumpuni dengan menintikberatkan pada kewirausahaan sosial. Dengan kompetensi yang telah diberikan maka lulusan STKIP Singkawang memiliki peluang besar untuk menjadi pendidik dan wirausaha sehingga dapat menguasai pasar tenaga kerja dan dunia usaha.

STKIP Singkawang berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan dengan berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Seperti National University of Kaohsiung, Taiwan dan Tun Hussein Onn University of Malaysia, Malaysia.

STKIP Singkawang memiliki kampus dengan kepemilikian sendiri sertifikat tanah atas nama Yayasan Universitas Singkawang yang terletak di Jalan STKIP Kelurahan Naram Kecamatan Singkawang Utara Kota Singkwang. Luas tanah 28.000 m2 / 2,8 Ha dengan peruntukan 1 lokasi seluas 1,4 Ha untuk kampus saat ini dan 1,4 Ha digunakan untuk Rusunawa. Tanah ini berada pada dua lokasi dengan jarak sekitar 150 meter. Letak kampus jauh dari keramaian, bebas banjir serta lahan hutan yang masih hijau membuat proses perkuliahan menjadi lebih nyaman dan kondusif. STKIP Singkawang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dalam belajar, yaitu dengan dibangunnya kelas alam, ruang belajar yang nyaman, serta memberikan berbagai reward kepada mahasiswa yang berprestasi.

Sambutan Ketua

Drs. Andi Mursidi, M.Si

Ketua

Saya sangat bangga memperkenalkan STKIP Singkawang secara singkat kepada pembaca. Didirikan pada tahun 2011 di kota Singkawang, STKIP Singkawang mengusung visi “Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan Unggul dalam Membentuk Sarjana Pendidikan yang Cerdas, Kompetitip, Beretika, dan Memiliki Jiwa Sosial Entrepreneurship pada Tahun 2030”. Sejak awal didirikan, STKIP Singkawang merupakan tempat belajar generasi muda yang datang dari beberapa daerah di Kalimantan Barat dengan budaya dan bahasa lokalnya masingmasing. Sejalan dengan program internasionalisasinya, saat ini STKIP Singkawang sudah banyak dikenal di kalangan akademisi internasional. Bahkan dalam waktu yang singkat sudah bisa menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Asia. Ini merupakan kebanggan yang luar biasa karena dengan usia perguruan tinggi yang masih belia namun sudah mampu mengepakkan sayap ke beberapa negara di dunia.

Dengan kekayaan disiplin yang ada di STKIP Singkawang, mahasiswa mempunyai pilihan program studi yang sangat baik dan memiliki peluang kerja yang sangat besar. Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan kompetensi sosial enterpreneurship yang baik sehingga mampu membuat lapangan pekerjaan sendiri, dan tidaklah mengherankan jika banyak diantara mahasiswa STKIP Singkawang yang menjadi guru sekaligus menjadi wirausahawan muda. Hal ini sekaligus memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan, pengalaman penelitian dan peningkatan kemampuan enterprenuer di STKIP Singkawang.

Kenyamanan dan dukungan fasilitas di dalam kampus ini juga didukung oleh lingkungan kampus yang kondusif serta sarana dan prasarana yang baik. Berlokasi di Singkawang yang merupakan kota pariwisata yang kaya pesona alam dan warisan budaya, para mahasiswa serta peneliti dan dosen tamu juga akan memperoleh pengayaan pengetahuan dan pengalaman. Kemudian dapat menikmati keindahan kota 1000 kelenteng dengan warisan budaya dan pesona yang sangat memanjakan mata. Informasi lebih lanjut tentang STKIP Singkawang akan kami jelaskan dalam lembar-lembar berikut. Namun, informasi yang lebih lengkap dan lebih terbarukan bisa dilihat di dalam web kami. Kami senang bisa bertemu dengan Anda di kampus kami.

Singkawang, 31 Desember 2017
Ketua

ttd

Drs. Andi Mursidi, M.Si.