Penerimaan Mahasiswa Baru
STKIP Singkawang 2021/2022

Syarat Pendaftaran

Jalur Prioritas Tes & reguler

  • Melampirkan foto atau scan asli raport dari kelas X sampai XII, atau ijazah/SKHUN/SKL SMA Sederajat.
  • File pasfoto (warna) ukuran 2x3
  • Foto atau Scan asli KK
  • Biaya Pendaftaran:
    Prioritas : Rp. 250.000
    Reguler : Rp. 300.000

Jalur Prioritas Non Tes(Prestasi)

  • Siswa sedang duduk dikelas XII atau lulusan Th. Pelajaran 2020/2021.
  • Melampirkan fotokopi raport dari kelas X sampai XII.
  • Peringkat 1-3 (kelas X s.d. XII)
  • fotokopi sertifikat lomba. (Minimal lomba tingkat kota/kabupaten).
  • Pasfoto (warna) ukuran 2x3, 1 lembar.
  • Biaya pendaftaran Rp. 150.000

Jalur Prioritas ini terbagi menjadi dua, yaitu Jalur Prioritas Non Tes (Prestasi) dan Jalur Prioritas Tes. Non Tes (Prestasi), peserta tidak mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan Pilihan Prodi. Tetapi mengikuti seleksi berkas dan tes wawancara Tes, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan tes Pilhan Prodi.

Cara Pendaftaran Online

Menyiapkan File Foto dengan rasio 3:4 ukuran max 200kb
Buat Akun di sini
Login di sini
Isi Formulir
Transfer Biaya Pendaftaran di Bank / ATM BRI no Rek. 008901000597304 a.n. STKIP Singkawang
Upload Berkas serta bukti pembayaran
Cetak Kartu Peserta Seleksi PMB

Daftar

54

Pendaftar Online

140

Pendaftar Offline

194

Ikut Seleksi

0

Lulus

Program Studi

Bimbingan dan Konseling

Program Studi Bimbingan Konseling (BK) STKIP Singkawang menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bidang bimbingan dan Konseling yang berwawasan multibudaya, berjiwa nasionalisme, dan berjiwa entrepreneurship. Mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk mengkaji implikasi pengembangan ilmu yang relevan dan implementasi ilmu pengetahuan teknologi guna membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pribadi, sosial, belajar, serta karir dengan memperhatikan nilai-nilai dan etika yang berlaku dimasyarakat. Lulusan Program Studi BK STKIP Singkawang sebagian sudah terserap dalam dunia pendidikan sebagai Guru PNS, Tenaga Honorer, Kepala Sekolah, LSM, Kemensos, Dosen, Wirausaha, dan lain-lain.

Pendidikan Matematika
Lulusan program studi pendidikan matematika memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial, serta kompetensi di bidang teknologi informasi untuk mengembangkan pembelajaran dan penelitian dibidang matematika yang dapat menunjang kualifikasi lulusan menjadi pengajar/pendidik sebagai pegawai negeri sipil (PNS), tenaga hononer di sekolah maupun sebagai guru les privat. Dibidang lainnya, melalui mata kuliah kewirausahaan, Lulusan Pendidikan matematika telah memiliki semangat entrepneurship sehingga dapat mengembangkan jiwa kewirausahaannya dengan menjadi pengusaha di bidang yang bersesuaian dengan keahliannya ataupun membuka usaha bimbingan belajar/les; dapat membaca peluang usaha yang sedang atau akan berkembang seperti menjadi wirausaha di bidang pangan, kerajinan tangan, dan usaha lainnya yang mempunyai potensi untuk menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup. Selain itu dengan bekal ilmu matematika yg dimiliki, lulusan pendidikan matematika juga serta dapat bekerja di instansi lain, seperti Bank, Perusahaan yang bersesuaian, ataupun perusahaan Finance.

Pendidikan Fisika
FProgram studi Pendidikan Fisika STKIP Singkawang berkomitmen terhadap keilmuan serta menjaga keseimbangan antara kedalaman penguasaan ilmu Fisika dengan keterampilan lain sehingga mampu menciptakan lulusan yang unggul, berkarakter, berbudi dan berjiwa sosial entrepreneuship yang didukung dengan SDM (dosen) yang berkualifikasi nasional serta fasilitas kelas yang lengkap. Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika dapat menjadi guru fisika baik di institusi negeri maupun swasta, peneliti di bidang fisika dan penerapannya, memiliki keterampilan sebagai tenaga kependidikan maupun administrasi baik pada institusi negeri maupun institusi swasta. Selain itu, dengan kemampuan analitis dan logis yang mumpuni, lulusan juga dapat bekerja dibidang lintas sektor baik pada instansi pemerintah maupun non-pemerintah diluar sektor pendidikan seperti perbankan, kepolisian, wirausaha jasa dan produk (Mahasiswa dan lulusan menjadi pengusaha hidroponik serta tutor bimbel/ private course) yang ada di Singkawang maupun di daerah sekitarnya. Lulusan Pendidikan Fisika STKIP Singkawang juga dibekali dengan kemampuan komprehensif yang baik sehingga mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta lainnya dibuktikan dengan banyaknya ALUMNI Pendidikan Fisika yang lulus CPNS diberbagai tempat sejak 2016 hingga saat ini.

Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Lulusan program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia menguasai keterampilan pedagogik pada bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia, berkepribadian sosial, dan individual yang profesional. Lulusan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dapat bekerja sebagai guru, baik sebagai tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengajar honorer, maupun tenaga pengajar privat. Selain bidang bahasa dan sastra, lulusan juga bisa menjadi sastrawan, bahasawan, jurnalis, presenter, publik speaker, pemandu wisata, enterpreneur dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menghasilkan sarjana PGSD (S1) yang dibekali prinsip-prinsip dasar budaya multi etnis dan wilayah perbatasan yang mampu menguasai konsep-konsep dasar keilmuan lima bidang studi di SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn), kesenian, dan sebagainya yang unggul, beretika, kompetitif, mampu mengembangkan inovasi pendidikan, menguasai sains dan teknologi, serta berjiwa sosial enterpreneurship. Lulusan Program Studi S1 PGSD STKIP Singkawang memiliki keahlian sebagai tenaga pendidik sekolah dasar, menjadi GGD (Guru Garis Depan), guru SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri), membuka bimbel atau les privat, menjadi konselor, dan lain-lain.