Berita STKIP Singkawang

Dies Natalis Ke-10 STKIP Singkawang : Fight for Knowledge

27-04-2021-Pontianak Post

Dies Natalis ke-10 STKIP Singkawang Fight For Knowledge

Pelaksaan Acara Dies Natalis ke 10 STKIP Singkawang ini dibuka dengan Upacara Dies Natalis ke 10 yang dihadiri Wakil Walikota Singkawang, dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah dengan Topik Tantangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam menyiapkan SDM Era Revolusi  4.0 oleh Dr. H. Edy R. Yacoub, M.Si.   Ketua Komisi V DPRD Kalbar dan acara bakti sosial serta buka Bersama yang pastinya disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Dalam rangka Dies Natalis ke -10 ini, STKIP Singkawang terus mengembangkan diri dalam tema puncak yaitu Fight For Knowledge, demikian dikarenakan STKIP Singkawang mampu masuk dalam jajaran 10% PT Terbaik Indonesia, sebab STKIP Singkawang dikelola secara professional dengan pendekatan manajemen Pendidikan Tinggi dan Kepemimpinan Management Organisasi (KMO) yang didasarkan pada pemanfaatan big data dan kondisi multi etnis serta keutuhan utama pengguna lulusan.

“Kami sangat bangga dengan jargon Kampus Kecil Di Tengah Hutan, pertama faktanya memang demikian, nama jalannya saja nama STKIP. Kedua, Perguruan Tinggi Asing di luar negeri jika kenalan pertama kali yang ditanya adalah perguruan tinggi besar atau kecil, saya selalu katakan perguruan tinggi kecil.

Terakhir, paradigma perguruan tinggi besar-kecil ini berubah jadi ranking perguruan tinggi, Dari hutan yang tertata membuat lingkungan belajar kami yang nyaman, sejuk dan asri, dan dari hutan yang terhubung melalui jaringan wi-fi inilah kami terus mengembangkan diri”. Andi Mursidi menjelaskan.

Prestasi yang ditorehkan kampus kecil berusia 10 tahun ini diantaranya: 1) Perguruan Tinggi Pertama di Pulau Kalimantan yang meraih Akreditasi Institusi (APT 3.0); Peringkat Baik Sekali (10 Nopember 2020), 2) Akreditasi program studi. Semua program studi di STKIP Singkawang sudah memperoleh akreditasi dari BAN-PT: 2 prodi memiliki peringklat B. dan 3 prodi peringat baik, 3) Memiliki 53 standar mutu dari 24 standar mutu minimal yang dipersyaratkan Kemendikbud.

STKIP Singkawang juga mendukung  kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang diprogramkan Kemendikbud Ristek RI. Sebab Semangat Kampus Merdeka sebetulnya sudah digaris bawahi oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Dimana tujuan pendidikan tak sekadar memberikan ilmu tapi menciptakan manusia berdikari, mandiri, tidak bergantung pada orang lain, dan mampu menentukan masa depannya sendiri.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menjadi katalis bagi terbentuknya ekosistem penta helix, dan harus dielaborasi dalam rencana strategis STKIP Singkawang yang terukur dalam 8 Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan Indeks Kinerja Tambahannya (IKT). STKIP Singkawang juga harus mampu melakukan peningkatan kualitas dan kapasitas SDM untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini. Saya berharap STKIP Singkawang dapat terus berkontribusi dalam melahirkan putra-putri yang dapat menorehkan prestasi, baik di kancah nasional hingga internasional.” terang Wakil Walikota Singkawang pada sambutan singkatnya

Perguruan tinggi harus mendisrupsi diri agar tak tertinggal dan ditinggalkan oleh mahasiswa, sehingga diperlukan pemimpin transformasional di perguruan tinggi yang kuat untuk melakukan disrupsi dan mentransformasi Perguruan Tinggi seperti yang dikembangkan STKIP Singkawang sehingga dalam waktu 9 tahun bisa menjadi Perguruan Tinggi pertama di Pulau Kalimantan yang mendapat peringkat akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Atas Prestasi dan semangat Fight For Knowledge di Dies Natalis ke 10 ini saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak khususnya civitas academika STKIP Singkawang,Walikota Singkawang. Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Gubenur Kalimantan Barat, Kepala LLDIKTI 11 Kalimantan beserta jajarannya. Dirgahu ke 10 STKIP Singkawang”, pungkas Andi Mursidi.

Penerimaan mahasiswa baru Jalur Reguler akan segera dimulai, bagi teman-teman yang ingin bergabung dengan STKIP Singkawang dapatkan infonya di www.stkipsingkawang.ac.id atau hubungi wa 08115741977 atau media sosial STKIP Singkawang.