Berita STKIP Singkawang

STKIP Singkawang Raih Akreditasi Baik Sekali Kali Pertama Diraih PTS di Kalimantan

13-11-2020-Pontianak Post

Bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2020, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang menerima pengumuman hasil akreditasi intitusi dengan peringkat “Baik Sekali” dengan No. SK. 913/SK/BAN-PTAkred/PT/XI/2020. Prestasi ini mendapat apresiasi dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 11 Kalimantan Prof. Dr. Ir. Udiansyah, M.S. yang menyatakan bahwa STKIP Singkawang adalah perguruan tinggi swasta pertama di wilayah 11 Kalimantan yang berhasil meraih akreditasi institusi peringkat Baik Sekali. Tentunya hal ini memberi kebanggaan bagi Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kota Singkawang

“Capaian prestasi ini sesuai dengan target yang disusun dalam Rencana Strategis STKIP Singkawang tapi kami tidak menduga kalau kami adalah perguruan tinggi swasta pertama di wilayah Kalimantan yang mendapat prestasi ini,” kata Andi Mursidi, Ketua STKIP Singkawang. Sebab kata Andi, dari aspek usia STKIP Singkawang baru berusia 9 tahun, dan ini adalah akreditasi institusi pertama bagi kami ternyata hasilnya sangat menggembirakan. “Perolehan peringkat intitusi baik sekali ini sekaligus menunjukkan kualitas mutu pembelajaran dan tata kelola STKIP Singkawang sudah baik sekali,”  ujarnya.

Pola akreditasi institusi yang dijalani STKIP Singkawang ini berbeda dengan pola sebelumnya yang masih 7 standar, pola baru sudah menggunakan 9 kriteria. Pola 9 kriteria ini menekankan pada pelaksanaan tata kelola perguruan tinggi yang didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang diimplementasikan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Standar Nasional yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi minimal 24 standar dan Standar Mutu mandiri yang sudah dikembangkan di STKIP Singkawang sebanyak 29 Standar, sehingga jumlah keseluruham stndar mutu yang diterapkan STKIP Singkawang sebanyak 53 standar mutu.

Ditanya tentang strateginya Andi Mursidi menjelaskan; (1) komitmen dari Yayasan, Pimpinan PT Dosen dan Tenaga Kependidikan, (2) pemahaman pimpinan PT akan standar mutu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, implementasi, evluasi dan kaizen mutu; (3) Tersedianya sumber daya yang cukup dan konsisten; (4) akses penuh dalam manajemen kepada Tim Mutu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan semua unit organisasi atau personal di perguruan tinggi; (5) Adanya model yang menjadi acuan dalam pengembangan SPMI

Keberhasilan pengembangan standar mutu dalam Model SPMI ini di STKIP Singkawang ini juga sudah melalui proses kajian akademis yaitu dengan menerapkan Model SPMI yang dikembangkan oleh Andi Mursidi dan ternyata hasilnya baik sekali. Model ini sudah didaftarkan dan mendapat hak cipta dari Kementrian Hukum dan HAM RI.

“Prestasi ini tidak membuat kami jadi puas diri, justru membuat kami semakin memacu diri untuk menjadi lebih baik karena target akhir kami dalam pengembangan standar mutu adalah terwujudnya budaya mutu dan kepuasan para pemangku kepentingan,”tegas Andi.  “Tak lupa atas prestasi ini saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala LLDIKTI 11 yang telah memberikan pembinaan kepada STKIP Singkawang dan ucapan terima kasih kami kepada Walikota Singkawang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Alumni dan para pemangku kepentingan  STKIP Singkawang, serta teman-teman dosen, pegawai dan mahasiswa STKIP Singkawang serta Terima kasih juga kepada UNTAN Pontianak dan UNNES Semarang yang sudah menjadikan STKIP Singkawang sebagai PT Bina Asuh,” pungkasnya.