Berita STKIP Singkawang

STKIP Singkawang Terapkan Campus New Normal

02-06-2020-Pontianak Post

                                                                                           STKIP SINGKAWANG TERAPKAN CAMPUS NEW NORMAL

                                                                                                                                        

 

                                                                                            Foto: Drs. Andi Mursidi, M,Si., Ketua STKIP Singkawang

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang (STKIP SINGKAWANG), sejak 18 Maret 2020 sampai berakhirnya kegiatan Ujian Akhir Semester Genap 2019/2020 tanggal 12 Juni 2020 menerapkan pola pembelajaran daring (online) sebagai dampak dari pendemi Covid-19  (Coronaa Virus Disease 2019). Menghadapi kondisi yang tidak terduga tersebut, dimana semua aktivitas pekerjaan dan perkuliahan tanpa dikondisikan tiba-tiba harus dilakukan secara daring. Sejak tahun 2015 STKIP Singkawang tata kelola adminisrasi dan akademiknya sudah dilakukan secara online dalam kapasitas internet fiber optic 80 Mbps, dukungan tenaga IT yang baik dan kemampuan pimpinan dan dosen dalam menggunakan IT juga sangat baik sehingga kami tidak terkejut dengan perubahan ke tatanan baru tersebut yang kemudian populer dengan sebutan New Normal, kata Andi Mursidi, Ketua STKIP Singkawang.

Saat aktivitas perkantoran dan pembelajaran harus dilakukan dari rumah (Work & Learn from Home – WLfH), semua pegawai STKIP Singkawang produktivitasnya dipantau dari presensi daring yang terintergrasi dengan buku kerja digital (Working Book Digital – WBD). Integrasi presensi daring dan WBD ini merupakan inovasi yang dikembangkan Andi di STKIP Singkawang, dalam aplikasi ini secara berjenjang pimpinan satuan unit kerja bisa memantau apa yang dikerjakan oleh stafnya, dan saat berakhirnya jam kerja pinpinan unit kerja melakukan verifikasi atas WBD stafnya, dan pada akhir minggu Kepala Unit Audit Mutu juga melakukan verifikasi kinerja semua pegawai. Rapat-rapat koordinasi juga dlakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi teleconference.

Persoalan baru kemudian muncul; Covid-19 terus belanjut, mau tidak mau kita dihapapkan pada suatu kondisi kenormalan baru (new normal) yang memaksa kita untuk hidup dengan tatanan baru. New Normal pada awalnya adalah jargon dalam dunia ekonomi dan bisnis. Istilah tersebut mengacu pada pembuat kebijakan dunia bahwa ekonomi industri akan kembali ke "cara terbaru" setelah dihantam krisis keuangan pada 2007-2008. New normal saat ini disebabkan oleh kondisi Covid-19 yang belum ditemukan antivirusnya sehingga kita harus bisa terus hidup dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan benar.

Selanjutnya Andi Mursidi juga memaparkan STKIP Singkawang sudah melakukan beberapa perubahan dalam pola; 1) interkasi (social & physical distancing); 2) komunikasi (tatap muka langsung ke daring); 3) pembelajaran (memperbanyak blanded learning), dan 4) Tata Manajemen (optimalisasi sistem informasi manajemen dan akademik). Kesiapan STKIP Singkawang tersebut maka secara formal terhitung 2 Juni 2020, STKIP Singkawang menerapkan Konsep yang disebut “Campus New Normal”.

Pengembangan Campus New N


ormal yang dikembangkan Andi Mursidi di STKIP Singkawang adalah: 1) Menerapkan Protokol Kesehatan dalam bidang Sarana dan Prasarana, Pegawai, Pelayanan, Interaksi dan Komunikasi, Protokol Akademik; semuanya sudah ada 12 protokol dan terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Penyesuaian sistem kerja New Normal yang produktif dan aman dari Covid-19  untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di lingkungan kerja serta memberikan perlindungan seoptimal mungkin bagi kesehatan Pegawai dan Mahasiswa STKIP Singkawang. 2) Penguatan Manajemen Berbasis IT yang efektif dan efisien. 3) Peningkatan Kemamanpuan Dosen dalam pengembangan bahan kuliah berbasis teknologi dan media pembelajaran. 4) Peninjauan kurikulum yang ditekankan pada content and evaluatioan.

Saat ini sedang berlangsung penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 Jalur Reguler sampai tanggal 31 Juli 2020, pendaftaran secara daring melalui www.stkipsingkawang.ac.id/pmb . Informasi juga bisa diperoleh melalui WA-no. 0811 5741 977.