Berita STKIP Singkawang

Webinar Nasional Kewirausahaan STKIP Singkawang

11-11-2020-Pontianak Post

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP ) Singkawang menyelenggarakan Webinar Nasional Kewirausahaan, webinar ini terselenggara atas kerjasama dengan Universitas Dr. Soetomo Surabaya (Untomo) dan International Council of Small Business Surabaya Chapter. (ICSB Surabaya)  Yang sangat menarik dalam Webinar ini menampilkan sosok pembicara dari TNI, yaitu Bapak Letkol. Inf. Jevrin Fakmier, S.Pd., M.Si., Komandan Dodik Bela Negara Rindam XII/Tanjungpura. “Selama ini kita ketahui Prajurit TNI akrab dengan senjata tapi hari ini beliau membahas topik tentang ketahanan pangan keluarga melalui pengembangan kegiatan wirausaha”, ujar Andi Mursidi, Ketua STKIP Singkawang, Senin (9/11). Mnurut Andi, tema ini sejalan dengan program pemerintah khususnya program dari Departemen Pertahanan.

Pembicara kedua yang tampil secara daring dari Surabaya Ibu  Dr. Meithiana Indrasarim ST., MM., Wakil Rektor 4 Unitomo dan President ICSB Surabaya  yang membawa tema ‘Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan di Era New Normal’ dengan menyampaikan konsep passion, pirpose, people, ptoduct, and partnership melalui strategiMEI (Mind, Effort, Initiate).

Pemicara ketiga menampilkan Nico S.Pd., Alumni Prodi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang yang sukses dalam pertanian hidroponik. Nico bercerita tentang cerita suksesnya sebagai petani hidroponik yang memulai usaha dari nol hingga jadi pengusaha sukses. Karena itu, Nico meminta kepada mahassiswa STKIP Singkawang untuk memanfaatkan kesempatan yang disediakan oleh STKIP Singkawang selain tujuanya utamanya menghasilkan Calon Guru mahasiswa STKIP Singkawang juga diberi bekal keahlian pertanian hidroponik dan terna ikan bioplok.

Ini sesuai dengan visi STKIP Singkawang yang sudah memiliki empat kolan ikan bioplok dan lahan pertanian hidroponik sebagai sarana mahasiswa untuk belajar dan praktek.

Pembicara terakhir sebagai keynote speaker Andi Mursidi, Ketua STKIP Singkawang yang memberikan materi ‘Hijrah Orang Gajian menjadi Menggaji’.  “Andi berpesan jangan mau seumur hidup jadi orang gajian, karena sebesar berapapun penghasilan yang diperoleh pasti lebih kecil dari orang yang menggaji,” katanya.

Andi Mengingatkan, untuk memulai aktiivitas wirausaha harus berawal dari ide besar dan dirumuskan dalam perencanaan setelah itu ditindaklantjuti dengan action. “Ide tanpa action atau execution itu hanya halusinasi saja”, tegas Andi. Konsep eksekusi ide ini sudah ditulis Andi dalam bukunya Power of Excecution.

Kegiatan Webinar ini sudah diawali tanggal 4 November 2020 yaitu dengan ditandatanganinya kerjasama STKIP Sinkawang dengan ICSB Surabaya, dan aktivtas webinar ini adalah realisasi dari kerjasama tersebut.

Kegiatan Webinar Nasional Kewirauashaan hari ini diawali penebaran bibit ikan nila pada Kolam Ikan bioplok STKIP Singkawang, yang diikuti oleh 667 peserta secara daring dan sekitar 35 peserta mengikuti secara luring dari Aula Kampus STKIP Singkawang.