Berita STKIP Singkawang

Wisuda Ke-7 STKIP Singkawang, Lulusan Pertama PGSD

27-09-2021-Pontianak Post

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singkawang (STKIP SINGKAWANG), hari Sabtu 25 September 2021 menggelar wisuda ke 7 di Ballroom Hotel Swiss-Bellin Singkawang dengan menerapkan Standar Protokol Kesehatan. Wisuda ke-7 hari ini diikuti oleh 219 orang wisudawan, masing-masing prodi: Pendidikan Matematika 73 orang,  Pendidikan Fisika 10 orang, Bimbingan Konseling 5 orang,  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 52 orang dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar 79 orang. Pada wisuda 2021 ini STKIP Singkawang untuk pertama kalinya meluluskan mahasiswa PGSD, dimana prodi ini baru operasional tahun 2017; artinya 79 mahasiswa PGSD ini lulus tepat waktu 4 tahun.

Indek Prestasi komulatif (IPK) rerata lulusan pada wisuda ke 7 ini adalah 3,47 dengan IPK tertinggi 3,96 diraih oleh Nani dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dari lulusan Prodi PGSD angkatan pertama ini yang memiliki IPK diatas 3,5 STKIP Singkawang melakukan seleksi dan dan evaluasi sejak mereka masuk di semester 1 sampai lulus, kemudian yang terpiih diangkat sebagai Calon Dosen Tetap dan langsung ditugasbelajarkan mengikuti jenjang Pendidikan Magister pada tahun 2021/2022. Ini juga merupakan komitmen  yang percaya akan kualitas lulusannya sendiri. SK Untuk Calon Dosen PGSD ini diserahkan Dr. Ahmad Yani, M.Pd., Ketua Yayasan Universitas Singkawang kepada Yogi Setya Novanto, S.Pd.

Dalam Pidatonya Dr, Andi Mursidi, M.Si., Ketua STKIP Singkawang mangatakan Wisuda merupakan acara akademik resmi STKIP Singkawang yang bertujuan untuk mengukuhkan kelulusan mahasiswa setelah menyelesaikan studinya yang puncak studinya di STKIP Singkawang adalah Ujian Skripsi. "Bagi wisudawan ajang wisuda merupakan puncak prestasi setelah berjuang dan kerja keras dalam belajar. Karena itu sangat wajar kegiatan wisuda menjadi ajang kebahagian dan kegembiraan bagi wisudawan dan keluarganya. Untuk itu sebagai Ketua STKIP Singkawang dan atas nama Yayasan Universitas Singkawang kami menyampaikan ucapakan selamat kepada Wisudawan dan keluarganya, semoga anda semua menjadi Sarjana Pendidikan yang berbudi, berprestasi, dan kolaborasi." kata Andi Mursidi.

Dalam suasana hening dan haru Andi Mursidi juga mengingatkan lulusanya; jika saat ini anda hadir dalam ruangan ini dengan memakai toga sarjana itu bukan karena kehabatan dan prestasi STKIP Singkawang semata, tapi itu lebih karena Doa dan Perjuangan orang tua Anda. "Tanpa doa dan perjuangan beliau anda bukan apa-apa, tundukan kepala anda dan gerakan hati anda untuk berdoa serta ucapkan sampaikan ucapan terima kasih yang paling tulus dari lubuk hati terdalam anda, Terima kasih Bapak, Terima Kasih Emak, karena doa dan perjuanganmulah hari ini saya bisa jadi Sarjana Pendidikan", ujar Andi Mursidi.

Ia juga menyampaikan STKIP Singkawang adalah Peguruan Tinggi Pertama di Pulau Kalimantan yang meraik Akreditasi Institusi dari BAN-PT peringkat Baik Sekali pada tanggal 10 Nopember 2020.

"Sampai saat ini di Pulau Kalimantan yang meraih peringkat Baik Sekali baru ada lima PTS Akademik dan di Kalimantan Barat basu STKIP Singkawang saja dan luar biasanya prestasi ini diraih dalam usia 9 tahun sejak STKIP Singkawang berdiri tahun 2011", ungkap Andi. 

Semua program studi di STKIP Singkawang juga sudah terakreditasi; 2 akreditasi B (pola 7 standar) dan 3 prodi akreditasi peringkat Baik (pola 9 kriteria). Akreditasi program studi dan PT ini akan sangat membantu dan memudahkan alumninya saat melamar kerja

Kekuatan Utama STKIP Singkawang adalah dukungan dan komitmen Yayasan Universitas Singkawang dan Visi Pimpinan STKIP Singkawang yang selalu berjalan pada koridor akademik serta cepatnya mengantisipasi kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Seringkali kebijakan yang dijalankan di STKIP Singkawang mendahului kebijakan pemerintah; seperti 8 Indek Kinerja Utama Perguruan Tinggi ini, dalam bidang Tenaga Pengajar. Logika pikir kami sederhana sekali; lulusan akan berkualitas jika diajar oleh dosen yang berkualitas kata Andi Mursidi. STKIP Singkawang memiliki Dosen Tetap sebanyak 46 orang, dengan jumlah mahasiswa 1.259 rasio Dosen Tetap dan Mahasiswa 1 : 27,37. Rasio ini sangat ideal.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, S.E., M.H. dalam kesempatan wisuda 7 STKIP Singkawang juga memberikan apresiasi atas perkembangan dan prestasi STKIP Singkawang dan memberikan ucapan selamat kepada Wisudawan dan Orang Tua Wisudawan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Asmasi, S.Pd.,M.Pd.